MADANIA.Bandung. – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatatkan performa yang sangat baik selama masa Angkutan Lebaran 2025. Dalam periode 21 Maret s.d. 8 April 2022 (19 hari) masa Angkutan Lebaran 2025, Daop 2 Bandung berhasil mengoperasikan perjalanan kereta api (KA) dengan tingkat ketepatan waktu (on-time performance) yang tinggi, yaitu sebesar 99,54% untuk keberangkatan tepat waktu, dan 98,71% untuk kedatangan tepat waktu.
Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo menjelaskan, capaian ini merupakan hasil dari koordinasi yang solid antara berbagai pihak di lingkungan PT KAI khususnya di Wilayah Daop 2 Bandung, termasuk jajaran petugas operasional, tim pemeliharaan sarana dan prasarana, hingga tim pelayanan pelanggan. “Ketepatan waktu merupakan salah satu komitmen utama kami dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, khususnya di masa peningkatan volume penumpang seperti Lebaran,” ujar Kuswardojo.
Selama masa Angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 Maret lalu hingga 11 April nanti, Daop 2 Bandung juga telah menyiagakan seluruh sumber daya untuk memastikan kelancaran perjalanan, baik dari sisi kesiapan armada, jadwal perjalanan, hingga pelayanan di stasiun dan di dalam kereta. Selain itu, KAI Daop 2 Bandung juga secara aktif melakukan evaluasi harian guna memantau dan meningkatkan kinerja operasional demi menjaga kepercayaan masyarakat yang memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan selama musim mudik dan arus balik.
Terkait informasi Angkutan Lebaran 2025 hingga H+9 Angkutan Lebaran (Kamis, 10 April 2025), dari pantauan data (Kamis, 10 April 2025 pagi) jumlah pengguna KA pada masa Angkutan Lebaran 2025 mulai 21 Maret hingga 11 April 2025 tercatat sejumlah 408.863 pelanggan telah memiliki tiket berangkat dengan kereta api dari Daop 2 Bandung, dengan okupansi penumpang sebanyak 114,8 % dari total 355.996 tempat duduk yang disediakan. *_(Okupansi melebihi kapasitas tempat duduk dikarenakan dalam 1 rangkaian kereta dapat dibeli lebih dari 1 pelanggan yang melakukan perjalanan parsial/bersifat dinamis)_*
Sejumlah pelanggan tersebut telah memiliki tiket berangkat dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung dengan 29 KA yang disediakan dengan keberangkatan dari Daop 2 Bandung. Selama Angkutan Lebaran 2025 (22 hari) total pelanggan yang menggunakan KA Jarak Jauh juga terus meningkat, terdapat total 115.235 pelanggan yang akan berangkat dari Stasiun Bandung hingga masa Angkutan Lebaran usai, sedangkan di Stasiun Kiaracondong total ada 91.202 pelanggan akan berangkat, di Stasiun Tasikmalaya total ada 33.658 pelanggan yang akan berangkat, di Stasiun Cianjur total ada 33.629 pelanggan yang akan berangkat, Stasiun Cipatat total ada 20.923 pelanggan yang akan berangkat, dan Stasiun Banjar total ada 19.335 pelanggan yang akan berangkat.
Sedangkan untuk kedatangan, hingga hari ini (Kamis, 10 April 2025) selama 21 hari masa Angkutan Lebaran 2025, total ada 110.843 pelanggan datang di Stasiun Bandung, di Stasiun Kiaracondong total ada 70.837 pelanggan datang, di Stasiun Tasikmalaya total ada 35.357 pelanggan datang, di Stasiun Cianjur total ada 34.640 pelanggan datang, di Stasiun Cipatat total ada 22.479 pelanggan datang, dan di Stasiun Banjar total ada 21.205 pelanggan datang.
PT KAI Daop 2 Bandung akan terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan dan menjaga performa operasional demi kenyamanan dan keselamatan penumpang. “Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya kepada KAI. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama semua pihak,” tambah Kuswardojo.
Discussion about this post