Peringati Hari Menabung, OJK Perluas Inklusi Keuangan Bagi Pelajar

226

Madania.co.id, Bandung- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PT Bank Jabar dan Banten Syariah (bank bjb syariah) menyelenggarakan sejumlah kegiatan, memperingati Hari Indonesia Menabung, yang diperingati setiap tanggal 20 Agustus.

Kegiatan yang terdiri dari akuisisi rekening pelajar, publikasi dan edukasi keuangan secara masif melalui kegiatan KEJAR Prestasi Anak Indonesia (KREASI) tahun 2021 dengan tema “Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia” yang diselenggarakan sepanjang bulan Juli hingga Agustus 2021.

OJK KR 2 Jawa Barat bersama dengan bank bjb syariah dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Anggota DPR RI Komisi XI Puteri Komarudin menyelenggarakan Webinar kepada guru, pelajar dan orang tua/wali murid di Jawa Barat dengan tema “Menumbuhkan Budaya Menabung Sejak Dini” sebagai pembukaan dari rangkaian program KEJAR Jawa Barat tahun 2021.

Baca Juga:  UMKM Dapat Manfaatkan Crowd Funding untuk Tambah Modal

Tidak hanya edukasi keuangan tentang pentingnya menabung yang disampaikan oleh narasumber dari OJK KR 2 Jawa Barat dan BJBS namun pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan simbolisasi penyerahan tabungan Simpel iB kepada 1000 pelajar.

“Program ini selain untuk meningkatkan inklusi keuangan juga memberi pemahaman terhadap produk keuangan sejak dini terutama kepada pelajar yang memiliki potensi masih sangat besar sehingga diharapkan indeks literasi dan inklusi keuangan semakin meningkat,” ujar Anggota DPR RI Komisi XI Puteri Komarudin yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut, Jumat (16/7/2021).

Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan Pemprov Jawa Barat, siap mendukung program ini sebagai salah satu bentuk percepatan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di Jawa Barat.

Baca Juga:  Hingga Oktober 2020, Stabilitas Sektor Ekonomi di Jawa Barat masih Terjaga

“Kita mulai dari anak-anak usia dini di tingkat pelajar, kami sangat support terhadap program ini,” katanya.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan industri, OJK KR 2 berharap kegiatan dapat menguatkan sinergi antara OJK, Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), Pemerintah Provinsi dan Lembaga/Kementerian untuk menyusun dan merealisasikan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan untuk mencapai target inklusi keuangan nasional 90% pada tahun 2024 diawali dengan pemahaman pentingnya menabung sejak dini.

Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono mengatakan sebagai bentuk komitmen dalam implementasi Program Kejar, OJK dan Kementerian/Lembaga terkait saat ini sedang menyusun penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Implementasi KEJAR dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Baca Juga:  Pemprov Dorong bjb Tingkatkan Kemampuan IT

“SKB dimaksud direncanakan akan ditandatangani pada tanggal 20 Agustus 2021 bertepatan dengan Hari Indonesia Menabung. Dengan adanya penerbitan SKB diharapkan dapat meningkatkan budaya menabung pada pelajar seluruh Indonesia khususnya di Jawa Barat,” tuturnya.

Direktur Utama bank bjb syariah Indra Faletehan mengatakan lembaga perbankan syariah menyambut baik kegiatan ini dalam rangka meningkatkan awareness dan minat dari kalangan adik-adik pelajar, dimana kebiasaan menabung sejak dini ini sangat baik untuk mananamkan kedisiplinan dalam mengatur dan menyisihkan uang sejak dini demi masa depan yang lebih baik.

“Selain itu, dengan kegiatan ini tentunya diharapkan adik-adik pelajar dapat mulai mengenal produk-produk perbankan sedari kecil, sehingga pada saat dewasa nanti sudah tidak asing lagi terhadap produk-produk perbankan,” tuturnya. (Tgh)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here