Tersangka Kasus Dugaan Penistaan Agama, Jozeph Paul Zhang Berstatus WNI

59

Proses Hukum Ikuti Aturan RI

Polisi Tegaskan Tersangka kasus dugaan penistaan
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan

Madania.co.id, Jakarta – Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono masih berstatus WNI. Ia terus diburu polisi. Meski ia mengaku sudah melepas status Warga Negara Indonesia (WNI).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya memastikan Jozeph Paul Zhang masih WNI dan tidak pernah tercatat mengganti kewarganegaraan.

“Iya (WNI). Datanya seperti itu. Sejak tahun 2017 hingga bulan April 2021, tidak terdapat nama JPZ dalam data WNI yang akan mengganti kewarganegaraan,” ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga:  Parlemen Eropa Kecam Situasi Hak Asasi Manusia yang Terus Memburuk di Bahrain
Beberkan Data

Selain itu, ia membeberkan secara rinci data orang-orang yang mengganti kewarganegaraan di Jerman sejak tahun 2017. Namun,  tidak ada nama Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoelyono di dalamnya.

“Hasil koordinasi penyidik dengan atase Polri pada KBRI Berlin di Jerman, dan didapatkan data imigrasi serta informasi, detailnya sebagai berikut. Di tahun 2018 ada 65 orang, tahun 2019 50 orang, tahun 2020 61 orang, dan sampai bulan April 2021 ada 4 orang,” tuturnya.

Baca Juga:  Dari Koffie Pakhuis, Gedong Papak dan Sekarang Balai Kota Bandung

“Sekali lagi data tersebut tidak ada nama JPZ,” tambahnya.

Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Jozeph Paul Zhang, lanjut Ramadhan, wajib mengikuti hukum yang berlaku di Indonesia. Pasalnya, Jozeph sempat mengaku sudah melepas status WNI.

“Artinya apa? Melihat data tersebut JPZ masih berstatus WNI dan memiliki hak dan kewajiban untuk mengikuti aturan hukum yang berlaku di Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga:  Palsukan Dokumen, Dua Pria Diciduk Ditpolairud Polda Jabar

Sebelumnya diberitakan, Jozeph Paul Zhang disebut-sebut tengah berada di Jerman. Konten di YouTube mendadak viral karena mengaku sebagai Nabi ke-26. Ia bahkan menantang warga untuk mempolisikannya.

Saat ini, Polri masih berupaya mengejar Jozeph yang diduga berada di Jerman. Polri sudah menggandeng Interpol untuk turut membantu menangkap tersangka. (mrf)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here