Kasus Covid-19 Alami Kenaikan, Jawa Barat Tambah Ruang Isolasi

188
Tangkapan Layar Program Ngopi di Parmusi, Rabu (27/1)

Madania.co.id, Bandung – Pada Selasa (26/1) publik tanah air kembali dikejutkan dengan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia yang sudah mencapai satu juta kasus. Khusus Jawa Barat menduduki posisi kedua setelah DKI Jakarta dengan kasus terbanyak yaitu sekira 131.322 kasus.

Ketua Harian Penanganan Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Daud Ahmad dalam acara Ngopi di Parmusi yang ditayangkan madania TV pada Rabu (27/1) mengatakan dua sampai tiga minggu terakhir, kasus terkonfirmasi di Jawa Barat terus mengalami kenaikan.

“Dalam dua tiga minggu terakhir ini angka di Jawa Barat naik terus, saya lihat pertumbuhan kasus itu rata-rata di angka 1.300 sampai 1.500 per hari” ujar Daud.

Tercatat Jawa Barat pernah mencapai kasus tertinggi hingga 3000 kasus, namun Daud mengungkapkan bahwa kasus tersebut merupakan gabungan data lama dan data baru. Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat mengaku terus berupaya untuk berkoordinasi dengan satgas kabupaten, provinsi dan pusat agar tidak terjadi delay data. Koordinasi ini juga merupakan upaya satgas untuk mendapatkan data real time.

Penambahan Ruang Isolasi di Jawa Barat

Tingginya kasus terkonfirmasi di Jawa Barat menyebabkan rumah sakit dan tempat isolasi penuh. Menurut data pertanggal 23 Januari 2021, rata-rata keterisian rumah sakit di Jabar mencapai angka 70,83%. Untuk menanggulangi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Satgas Penanganan Covid-19 Jabar berupaya menambah ruang isolasi di rumah sakit dan di pusat isolasi.

“Tempat isolasi kita tambah, di Secapa kita buka 180 bed, insya Allah dalam waktu dekat kita buka di Jatinangor, kemudian di asrama haji di Bekasi” Ungkap Daud.

Penambahan ruang isolasi ini diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki gejala ringan atau tidak memiliki tempat yang memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri. Ruang isolasi yang dapat digunakan diantaranya BPSDM dengan 170 bed, Secapa 180 bed dan beberapa hotel di Kota Bandung. Sedangkan bagi pasien bergejala berat dapat mengisi ketersediaan ruang isolasi di Rumah Sakit.

Baca Juga:  Antisipasi Klaster Baru Covid-19 Setelah Pilkada, Ini Kebijakan Pemda Jabar

Daud berharap dengan penambahan ruang isolasi ini dapat menambah angka kesembuhan di Jawa Barat. (fan)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here