Kenali Kategori Prioritas Utama Penerima Bansos

119
Tangkapan Layar Ngopi di Parmusi, Rabu (3/2)

Madania.co.id, Bandung – Selama setahun ke belakang, pemerintah gencar memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak covid-19 dan juga korban bencana alam yang terjadi beberapa waktu ke belakang.

Namun pemberian bansos itu belum berjalan dengan sempurna karena masih ada beberapa bantuan yang tidak terdistribusikan secara merata dan tidak tepat sasaran.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Jawa Barat, Barnas Adjidin menjelaskan ada beberapa kategori keluarga yang termasuk ke dalam prioritas utama penerima bantuan.

Hal itu disampaikan pada  program Ngopi di Parmusi yang tayangkan langsung pada Rabu (3/1) di Madania TV.

Barnas mengungkapkan, masalah kemiskinan di Indonesia dibagi ke dalam beberapa kategori. Tingkat awal yaitu desil pertama, dalam tahap ini masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan, penghasilan dan tempat tinggal menjadi prioritas utama.

Selanjutnya yaitu desil dua, yaitu masyarakat yang memiliki penghasilan tetapi tidak mencukupi untuk kebutuhan hidup.

Desil 3 yaitu masyarakat yang dapat memenuhi kebutuhan dasar saja, dan memiliki harapan untuk bisa berkembang.

Dari ketiga tingkatan ini, desil 1 dan desil 2 menjadi sasaran utama untuk mendapat bantuan pemerintah. Bahkan saat ini pemerintah mulai melirik desil 3 untuk masuk menjadi prioritas penerima bantuan.

Ketiga kategori itu nantinya akan mendapatkan hak layanan dasar mencakup pendidikan dan Kesehatan. Selain itu, juga mendapatkan program perlindungan jaminan sosial dari pemerintah.

Program Keluarga Harapan

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah bukan tanpa tujuan. Basarnas mengatakan bahwa bantuan ini hanya akan diberikan dalam kurun waktu 6 tahun.

Nantinya setelah 6 tahun diharapkan keluarga yang mendapat bantuan akan lebih berkembang. Hal ini akan difasilitasi dengan program keluarga harapan.

Baca Juga:  Seluruh Anggota DPRD Kabupaten Bandung Bakal Swab Test Setelah Ada Pegawai yang Terpapar

Dalam program keluarga harapan, penerima bantuan harus graduasi dan berpindah dari miskin menjadi mencukupi. Setiap orang yang sudah dibantu 6 tahun harus mengupayakan lolos dari kemiskinan.

Pemerintah akan memberikan stimulan untuk membuka usaha praktis bagi masyarakat yang mendapat bantuan.

Barnas mengungkapkan program ini belum sepenuhnya berjalan 100%, namun untuk bantuan dasar sudah dipastikan berjalan sepenuhnya.

Ia berharap akan ada peran pendamping untuk memantau penggunaan bansos agar ada pengecekan setiap minggunya.

Dengan begitu, penyaluran bantuan sosial akan lebih efektif dan memberikan dampak yang berkelanjutan. (fan)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here