Masjid Inggris Utara Dijadikan Pusat Vaksinasi Covid-19

38
Masjid Pusat Bradford
Masjid Pusat Bradford Menjadi Pusat Vaksinasi COVID-19 untuk Komunitas Muslim. (Foto: arabnews.com)

Madania.co.id, Inggris- Sebuah masjid di Bradford, Inggris Utara menyusul masjid lainnya menjadi pusat vaksinasi covid-19 untuk komunitas pada Kamis (18/02).

Masjid tersebut menjadi bagian dari inisiatif Dewan Masjid di Bradford dan dokter setempat untuk meningkatkan jumlah orang di komunitas yang merasa ragu dalam mendapatkan vaksin.

Dilansir Arab News (18/02/21), lebih dari 100 orang telah divaksinasi antara pukul 8.30 pagi hingga 1.30 siang setelah masjid tersebut dibuka.

Proses vaksinasi ini akan berjalan lagi pada Kamis depan, setelah dikeluarkan keputusan yang akan meningkatkan sesi sesuai dengan permintaan dan logistik.

“Kami tahu bahwa ada keraguan di komunitas Muslim seputar vaksin COVID-19, apakah itu halal dan apakah ada produk sampingan hewan di dalamnya,” kata ketua dewan Zulfi Karim (53) kepada Arab News.

“Itulah salah satu alasan kami bekerja dengan petugas medis, secara lokal dan nasional, dan dengan British Islamic Medical Association. Kami memastikan sejak awal bahwa tidak ada produk sampingan hewan dalam vaksin, dan tidak mengandung sesuatu yang tidak cocok untuk Muslim,” katanya.

Karim mengatakan bahwa dewan mengeluarkan pernyataan pada awal Januari yang membatalkan teori konspirasi, dan berita hoax tentang vaksin, serta mendorong Muslim untuk divaksinasi.

“Pekerjaan nomor satu kami adalah menyelamatkan nyawa, dan melindungi orang sebanyak yang kami bisa. Dewan masjid bekerja dengan otoritas lokal, NHS, dan Kesehatan Masyarakat Inggris untuk mendapatkan informasi, dan mencari tahu di mana kendalanya,” kata Karim.

“Masjid adalah tempat yang dipercaya orang. Para imam telah berpengalaman dalam memberikan informasi. Jika mereka mengatakan vaksin itu halal, maka kita harus mendukung upaya itu untuk mendapatkan sebanyak mungkin orang divaksinasi sesegera mungkin. Itulah satu-satunya cara kami menjangkau masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga:  WU Tower, Gedung Berkonsep Green Building di Kota Bandung

“Kami sebagai Muslim ingin memainkan peran kami. Kami ingin membantu NHS. Ini merupakan perjalanan besar bagi semua orang, dan saya pikir sebagai komunitas, sangat penting bagi kami untuk memberikan sesuatu yang lebih,” tutupnya.(dzk)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here