Ratusan Rumah Rusak, Puting Beliung Menerjang Demak

39
Satu rumah roboh diterjang angin puting beliung. (Foto: BPBD Kabupaten Demak)

Madaniaco.id, Jakarta – Hujan intensitas tinggi disertai angin puting beliung melanda Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Demak, Provinsi Jawa Tengah Selasa (23/2) pukul 14.45 WIB.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak, terdapat dua dusun terdampak angin puting beliung dengan tingkat kerusakan beragam.

Tercatat 170 rumah rusak akibat kejadian ini. Selain itu, satu rumah dilaporkan roboh di terjang angin puting beliung.

Baca Juga:  Pakai Lipstik, Kang Emil Tulis I Love You Untuk Atalia

Data BPBD setempat mencatat dua dusun terdampak yaitu Dusun Krajan dan Dusun Ploso, yang terletak di Desa Karangsono. Untuk satu rumah yang roboh terletak di Dusun Krajan.

BPBD Demak melakukan pendataan dan kaji cepat bersama tim gabungan untuk melakukan upaya evakuasi warga terdampak ke balai desa dan gedung sekolah. Selain itu, upaya percepatan penanganan juga telah dilakukan di antaranya melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para pengungsi, mengirimkan logistik kebutuhan dasar, dan mendirikan dapur umum.

Baca Juga:  UMP Tak Naik, Pemkot Bandung Mulai Bahas Penetapan UMK

Menurut kajian InaRISK, Kabupaten Demak memiliki potensi cuaca ekstrim sedang hingga tinggi.

Pihaknya mengimbau masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap ancaman bencana hidrometeorologi, mengingat prakiraan puncak musim penghujan masih berlangsung hingga akhir Februari 2021.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kabupaten Demak masih berpotensi hujan ringan bahkan sedang pada esok hari (25/2/2021).

Baca Juga:  Termasuk Mantan Sekretaris PDIP, Sejumlah Kader Parpol dan Mantan Kades di Kabupaten Bandung Hijrah ke PKB

Masyarakat dapat memantau prakiraan cuaca melalui aplikasi Info BMKG untuk mengetahui prakiraan cuaca dan mengetahui risiko becana yang ada di wilayahnya melalui laman InaRISK. Informasi ini dapat bermanfaat untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bahaya.(m)


Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here