Positivity Rate di Kota Bandung Masih Tinggi

50
Covid-19 Jabar
Ilustrasi. (net)

Madania.co.id, Bandung – Positivity rate di Kota Bandung saat ini mencapai 18,49 persen. Menurut Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19, Ema Sumarna mengatakan, angka tersebut meningkat seiring dengan mobilitas masyarakat yang tinggi.

“Mobilitas di Bandung tinggi. Disiplin protokol kesehatan adalah keniscayaan jika kita ingin menang dalam perang panjang ini melawan pandemi virus Covid-19,” ungkap Ema di Kota Bandung, Minggu (21/2/201).

Selain angka positivity rate yang masih tinggi, kata Ema, pihaknya juga memberikan perhatian khusus karena angka dan persentasi kasus konfirmasi mengalami kenaikan sebesar 14.56 persen.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan provinsi yang berada di angka 6,71 persen dan nasional 10.38 persen. Hal ini menunjukan transmisi penyebaran Covid-19 di Kota Bandung masih tinggi.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid 19 Kota Bandung, perbandingan data pada 5 Februari dengan data per tanggal 17 Februari 2021 menunjukan bahwa Kota Bandung masih dalam zona risiko sedang dengan total konfirmasi kasus di Kota Bandung adalah sebesar 11.330, atau bertambah sebanyak 1440 kasus.

Ema menuturkan, tren kenaikan kasus Covid-19 di Kota Bandung kerap kali terjadi setiap libur panjang. Hal itu juga tidak terlepas dari tingginya mobilitas masyarakat, terlebih saat hari libur.

“Seperti kita tahu bahwa setiap libur panjang akan berdampak pada peningkatan kasus di 2-3 minggu berikutnya, kenapa bisa terjadi? Hal ini karena mobilitas masyarakat yang masuk dan keluar Kota Bandung menjadi tinggi namun tidak diimbangi dengan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan 5M,” tandasnya. (sr)

Baca Juga:  Manchester City Berhasil Tumbangkan Liverpool di Kandangnya 4-1

Ikuti Media Sosial dan Youtube Channel Kami:
Instagram:www.instagram.com/madaniacoid/
Twitter: twitter.com/madaniacoid/
Facebook: facebook.com/madaniacoid
Youtube: youtube.com/madaniacoid
Jangan lupa like, comment, share, dan subscribe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here